oleh

TESLA Semi, Truk Trailer Canggih Bertenaga Listrik

Anda bisa membayangkan bertapa beratnya sebuah truk kontainer membawa muatan. Saya yakin pengemudi truk kontainer tersebut juga bisa merasakan beratnya menarik beban muatan saat perjalanan. Truk tersebut menggunakan mesin diesel yang sudah terkenal tangguh di berbagai medan. Namun bagaimana jika truk penarik kontainer tersebut menggunakan mesin listrik?

Ya, hal tersebut sudah di buktikan oleh Tesla, selaku pabrikan kendaraan listrik ternama di dunia. Mereka menciptakan Tesla Semi, sebuah truk trailer head besar dengan mesin penggerak serba listrik. Seperti apa penampakannya? berikut adalah cuplikan video Tesla Semi Truck.

PERFORMA TESLA SEMI

Tesla Semi ini di klaim bisa mencapai kecepatan 0-60 mph dalam waktu lima detik, lebih cepat dibandingkan truk diesel yang sekelas yaitu 15 detik. Sedangkan jika diberikan beban penuh 80.000 atau kurang lebih 36 ton, Tesla Semi truk ini bisa menempuh 0-60 mph dalam 20 detik saja. Sebuah tugas yang membutuhkan waktu satu menit untuk truk diesel.

TESLA Semi Menarik Trailer Kontainer

Dalam menaklukan tanjakan, terutama bagi pengemudi truk, Tesla semi ini mencapai kecepatan stabil 65 mph di tanjakan 5%. Jika di bandingkan dengan truk diesel, yang hanya mampu mencapai kecepatan maksimal 45 mph pada tanjakan yang sama.

Truk ini tidak memerlukan perpindahan gigi atau kopling untuk akselerasi dan deselerasi yang mulus serta pengereman regeneratifnya dapat memulihkan 98% energi kinetik ke baterai, sehingga rem menjadi lebih awet, yang pada dasarnya masa pakai terbatas.

Kesimpulannya, truk Tesla Semi ini lebih responsif, menempuh jarak lebih dari truk diesel dalam waktu yang sama dan juga lebih aman karena terintegrasi dengan lalu lintas mobil penumpang lainnya.

KENYAMANAN PENGEMUDI

Dalam kabin TESLA Semi

Untuk pengalaman mengemudi, tidak seperti truk lain, kabin Tesla Semi ini dirancang khusus disekitar sopir, dilengkapi tangga tanpa halangan untuk memudahkan keluar masuk, ruang berdiri yang lega di dalam dan posisi pengemudi terpusat untuk visibilitas yang optimal.

Terdapat dua unit layar sentuh yang di posisikan secara simetris di kedua sisi pengemudi, untuk menyediakan akses yang mudah ke navigasi, pemantauan blind-spot dan pencatatan data elektronik. Konektivitas built-in terintegrasi langsung dengan sistem manajemen armada untuk mendukung perutean dan penjadwalan serta pemantauan jarak jauh. Truk diesel saat ini masih membutuhkan beberapa perangkat pihak ketiga untuk fungsi serupa.

Di jejali teknologi pengisian daya DC berkecepatan tinggi yang baru, “Megacharger”. Dengan teknologi terbaru tersebut, akan bertambah sekitar 400 mil dalam 30 menit dan bisa di pasang di titik asal atau tujuan atau di sepanjang rute yang ramai, memungkinkan pengisian ulang selama bongkar muat dan saat pengemudi beristirahat.

BACA JUGA : Cybertruck, Truk Pickup Dobel Kabin Listrik Unik Buatan Tesla

KEAMANAN

Arsitektur elektrik Tesla Semi ini dirancang untuk mempunyai standar keselamatan yang lebih tinggi dari pada truk berat lainnya di pasaran. Dengan baterai yang di perkuat agar dapat melindungi truk ini dari benturan dan memberikan pusat gravitasi yang sangat rendah.

Kaca depan terbuat dari kaca yang tahan benturan. Jackknifing dicegah karena sensor semi onboard yang mendeteksi ketidakstabilan dan bereaksi dengan torsi positif atau negatif ke setiap roda sambil menggerakkan semua rem secara independen.

Terdapat kamera surround untuk membantu mendeteksi objek dan meminimalkan titik buta (blind-spot), yang secara otomatis memberi tahu ke pengemudi tentang bahaya dan rintangan. Dengan n Enhanced Autopilot, Tesla Semi mempunyai fitur Automatic Emergency Braking, Automatic Lane Keeping, Lane Departure Warning dan perekaman acara.

Yang menarik, Tesla Semi ini bisa melakukan perjalanan konvoi, dimana satu atau beberapa truk Semi bisa secara mandiri mengikuti Semi truk yang memimpin.

KEANDALAN

Komponen penggerak jauh lebih sedikit daripada truk diesel. Tanpa mesin, transmisi, sistem setelah perawatan atau perbedaan untuk dirawat, Tesla Semi membutuhkan perawatan yang lebih sedikit. Komposisinya hampir sama dengan baterai produk energi Tesla dan dirancang untuk mendukung siklus pengisian berulang selama lebih dari satu juta mil. Sedangkan motornya berasal dari motor yang digunakan dalam Tesla Model 33 dan telah divalidasi untuk bertahan lebih dari satu juta mil dalam kondisi yang paling menuntut.

Tesla Semi memberikan penghematan secara besar-besaran dalam biaya kinerja, energi, efisiensi dan keandalan. Keuntungan biasa secara langsung dapat dirasakan, yang paling besar berasal dari penghematan biaya energi. Saat terisi penuh, Tesla Semi mengkonsumsi kurang dari 2 kilowatt-jam energi per mil dan bisa menempuh jarak 500 mil pada GVW dan kecepatan jalan raya, mengakomodasi berbagai aplikasi pengiriman, mengingat bahwa hampir 80% barang di Amerika Serika di pindahkan kurang dari 250 mil.

Hal tersebut di tambah dengan harga listrik yang rendah dan cenderung stabil – rata-rata $0,12/kWh di AS dan bisa lebih murah untuk pengguna komersial dan industri, hampir tidak ada apa-apanya jika di kombinasikan dengan pembangkit dan penyimpanan tenaga surya lokal, dimana pemilik bisa mengharapkan untuk mendapatkan $200.000 atau lebih hemat lebih dari satu juta mil berdasarkan biaya bahan bakar saja.

Tampilan TESLA Semi

Akselerasi 0-60 mph dengan beban 80K LB 20 detik
Speed up a 5% Grade 60 mph
Jarak Tempuh 300 atau 500 miles
Powertrain 4 Independent Motors on Rear Axles
Konsumsi energi Kurang dari 2 kWh per mile

BERAPA HARGA TESLA SEMI Truck ini?

Jika anda berminat untuk memiliki truk Tesla Semi, persiapkan dulu uang $20.000 atau sekitar 280 juta untuk memesannya ke Tesla. Itu hanya untuk DP dulu lho, hehe.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed