Modif Mobil Listrik Toyota Avanza Atta Halilintar Habis 600 Jutaan

Mobil Listrik Toyota Avanza Atta Halilintar (3)

Modifikasi mobil itu tak terbatas hanya segi tampilan saja, tapi juga bisa menyeluruh, bahkan hingga mobil standarnya tidak bisa dikenali.

Di dunia otomotif, khususnya kendaraan listrik, banyak orang membuat kustom mobil bermesin bbm menjadi mobil listrik, namun masih jarang yang berani unjuk gigi.

Seperti yang dilakukan oleh artis / youtuber Atta Halilintar yang memamerkan hasil modifikasi mobil Avanza menjadi mobil full listrik tanpa suara.

Atta Halilintar lewat tim Modifikator & Builder telah memamerkan sebuah mobil custom Avanza menjadi mobil listrik konsep futuristik EV lewat event pameran “Indonesia Modification Expo (IMX)” yang dilangsungkan di JCC (Jakarta Convention Center) pada tanggal 1 – 2 Oktober 2022 bulan lalu.

Mobil Toyota Avanza listrik tersebut sukses mendapatkan banyak perhatian pengunjung.

Kenapa Pilih Avanza?

Mobil Listrik Toyota Avanza Atta Halilintar (2)

Basic modifikasinya menggunakan mobil second Toyota Avanza tahun produksi 2010. Tim custom Atta menyatakan alasan kenapa menggunakan basic Avanza?

Karena semua orang juga tahu, Avanza merupakan mobil sejuta umat yang banyak dipilih oleh masyarakat yang baru pertama kalinya membeli mobil.

Proses Modifikasi Avanza Listrik

Dalam proses modifikasi mobil Avanza menjadi kendaran listrik, lama pengerjaannya memakan waktu 2 bulan lebih. Itu adalah waktu yang singkat menurut saya, karena betapa rumitnya mengkonversi mesin bbm menjadi motor listrik. Selain itu desain bodynya tentu juga butuh banyak pemikiran untuk membuat konsep awalnya.

Idenya siapa?

Pemilihan kategori modifikasi mobil listrik bagian desain body tersebut dicetuskan oleh Musa Tjahjono, seorang Head of Designer West Coast Customs. Orang tersebut juga berperan penting dalam dunia modifikasi mobil bintang pop global Justin Bieber.

Body mobil menggunakan sticker dari Max Decal, metode air brush dari Tomi Airbrush dan dikerjaan ruang interior di serahkan kepada Masterpiece. Banyak tim yang terlibat dalam proses modifikasi mobil Avanza listrik Atta Halilintar.

Hasil dan Biaya Modifikasi

Hasil proses pengcustoman Avanza bbm menjadi Avanza listrik itu diklaim portrainnya mampu mengjangkau hingga jarak 300km dalam satu kali pengisian baterai full, dan bisa digas hingga 180 km / jam.

Pengisian baterainya masih menggunakan AC Charging dan belum mendukung teknologi Fast Charging. Mobil listrik Toyota Avanza milik Atta ini membutuhkan waktu 6 jam untuk mengisi baterai dari 0 sampai penuh.

Namun dijelaskan juga bahwa jarak tempuh dan pengisiannya belum dimaksimalkan karena masih berupa konsep baik bagian rangkaian baterai hingga dinamo motornya yang masih manualan.

Menurut saya, ini adalah hal yang wajar, karena tujuan utamanya adalah untuk pameran Modifikasi. Beda cerita jika ingin membuat konsep kendaraan listrik yang akan digunakan untuk umum.

Lalu untuk biayanya, mobil listrik Avanza yang satu ini telah menghabiskan biaya sekitar Rp 600 jutaan. Besaran biaya tersebut sudah termasuk pembelian mobil bekas Toyota Avanza 2010.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *