oleh

Mobil Listrik TATA Nexon EV Hadir Dalam 3 Varian (Spesifikasi & Harga)

-Mobil-100 views

Mobil Listrik TATA Nexon EV Hadir Dalam 3 Varian (Spesifikasi & Harga) – Bulan Januari tahun 2020 lalu, Tata Motors telah meluncurkan sebuah mobil SUV listrik di India. Mobil listrik tersebut adalah TATA Nexon EV, sebuah SUV aspiratif untuk pembeli mobil pribadi yang mencari pengalaman berkendara yang mendebarkan dan terhubung dengan nol emisi gas buang.

Mobil listrik dari TATA Motors tersebut didukung oleh teknologi Ziptron yang mutakhir, menjanjikan sistem tegangan tinggi yang efisien, lincah, jarak jauh, pengisian daya cepat, masa baterai yang lebih lama dan fitur keselamatan terdepan di kelasnya.

VARIAN

Tata Nexon EV mempunyai tiga varian yaitu XZ + LUX, XZ + (Keduanya dalam 2 tone) dan XM (Single tone). Nexon EV hadir dalam tiga pilihan warna yang menarik, Moonlit Silver, Signature Teal Blue dan Glacier White. Dan yang paling heboh adalah, garansi mobil listrik India tersebut adalah 8 tahun atau 1,60.000 kms (mana yang lebih awal) untuk baterai & motor.

DESAIN

Tampilan desain yang berani dan percaya diri menghadirkan bahasa IMPACT DESIGN 2.0. Desain baru tersebut menonjolkan posisi Nexon yang sudah kuat dan terarah, kehadirannya memberikan aura terpisah dan menonjol di jalan raya. Bentuk grille-cum-lamp yang ramping dan lebar ditegaskan oleh Tata Motors Humanity Line dari lampu ke lampu, menambahkan sentuhan premium lewat pewarnaan krom dan bentuk tiga dimensi yang lebih banyak. Untuk melengkapi desain barunya, bagian ujung depan ada bemper dengan grill tengah yang sporty, dengan detail tanda tangan Tata Motors Tri-Arrows.

Bagian dalam kabin Nexon EV ini hadir dengan desain yang modern, interior yang lega dan manajemen suara premium untuk memberikan kenyamanan saat berkendara degnan tenang. Dilengkapi juga dengan sistem infotainmen Harman 7 Inchi yang menawarkan konektivitas terbaik dan akustik yang tak tertandingi. Didukung juga dengan android auto dan apple carplay.

SISTEM PENGGERAK

Untuk urusan kinerja, Nexon EV menggunakan motor AC magnet permanen 129 PS yang bertenaga dan berefisiensi tinggi. Motor tersebut di dukung dengan baterai lithium-ion berkapasitas tinggi 30,2 kWh. Torsi yang dihasilkan instan 245 Nm dari posisi diam, sehingga memungkinkan mobil listrik India ini berakselerasi dari 0 hingga 100 km / jam hanya butuh waktu 9,9 detik.

Baterai yang digunakan tersebut tahan terhadap debu dan air, terbaik di industri yang sudah memenuhi standar IP67. Baterai pack berdensitas tinggi ini berpendingin cairan untuk unggul dalam kondisi India. Baterai ditaruh di bawah bodi kendaraan, sehingga memberikan SUV pusat gravitasi yang lebih mirip dengan sedan atau hatchback, untuk memastikan stabilitas maksimal dan kinerja dinamis yang sangat baik di jalanan berliku.

Tedapat dua opsi mode berkendara yaitu DRIVE dan SPORT. Menggunakan fitur teknologi penggerak pintar, pengereman Regeneratif untuk mengisi daya baterai saat melaju, Hill Ascent & Descent Assist untuk membuatnya berkendara di lereng lebih nyaman serta Smart Regen dengan fitur Creep yang memungkinkan pengguna mengatasi lalu lintas kota yang padat tanpa kelelahan.

SISTEM PENGISIAN BATERAI

Dalam sekali pengisian, Nexon EV ini bisa berjalan jarak jauh bebas tanpa cemas lebih dari 300 kilometer. Ketika di colokkan ke Fast DC Chargeer, Mobil akan mengisi ulang 80% kapasitas baterai dalam waktu hanya 60 menit. Selain itu mobil listrik tersebut bisa diisi daya dari stop kontak 15 amp.

UTILITAS

Nexon EV menawarkan 35 fitur terhubung berbasis aplikasi seluler, seperti perintah jarak jauh, analisis perilaku pengemudi, pelacakan kendaraan, navigasi dan diagnostik jarak jauh. Dengan aplikasi ZConnect, pemilik mobil bisa menemukan titik stasiun pengisian daya terdekat, stasiun layanan TML, pengaturan peringatan kecepatan, melacak lokasi kendaraan dan masih banyak fitur yang lain.

Mobil Listrik keren dari India ini mempertahankan semua pembelajarannya dari peringkat Nexon Global NCAp dan dilengkapi dengan fitur keselamatan terdepan di kelasnya. Ini adalah bukti keandalannya, mobil telah diuji seara ketat melintasi satu juta kilometer di medan terberat di India, meliputi jalan tak beraspal, dataran tinggi, tanjakan curam dan bahkan dalam kondisi cuaca ekstrim.

SPESIFIKASI TATA Nexon EV

Battery rating 30.2 kWh
Nominal Voltase 320 V
Temperatur -5 to 45 derajat celcius
Motor Permanent Magnet Synchronous
Power Motor 129 PS
Torsi Motor 245 Nm
Transmisi Single Speed
Rentang sekali cas 300+ km (Internal. testing data)
Waktu untuk 0-100 kmph 9.9 detik
Drive Front Wheel Drive (FWD)
Mode Charging Fast dan Reguler
On-board charger 3.3 kW AC
Fast Charging Time 60 Menit (SOC 0%-80%)
Reguler Charging Time 8 Jam (SOC 20% – 100% dari plug point manapun 15 A)
Tipe Transmisi Single Speed Gear Box
Final Drive Rasio 9.1
Berat Body dan chassis 1400 kilogram
Velg Nexon EV XZ+ LUX dan EV XZ+ = Alloy
Nexon EV XM : Besi
Ukuran Ban 215 / 60 R16
Suspensi depan Independent MacPherson dual path strut with coil spring
Suspensi Belakang Torsion beam with hydraulic shock absorbers
Steering tipe EPAS with speed based assistance
Pengereman depan Disc
Pengereman belakang Drum
ABS with EBD  Yes (dengan Cornering Stability Control)

Spesifikasi lengkap bisa lihat sisini

HARGA dan PEMESANAN

Harga Mobil Listrik India, TATA Nexon EV ini dapat dipesan dengan harga berikut :

  • Tata Nexon EV XM = RS 13,99,000 / sekitar Rp 269 Jutaan
  • Tata Nexon EV XZ+ = RS 15,40,000 / sekitar Rp 296 jutaan
  • Tata Nexon EV XZ+ LUX = RS 16,40,000 / sekitar Rp 315 jutaan

Untuk membeli mobil listrik India, anda bisa memesannya lewat website resmi Tata Motors.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed