Mobil Listrik China – Zeekr 009 MPV Pakai Baterai Qilin CATL

Mobil Listrik China - Zeekr 009 MPV

Mobil listrik MPV baru dari ZEEKR, 009 MPV sudah memulai debutnya. Ini merupakan mobil lisrik kedua di merek Zeekr dan menjadi salah satu MPV listrik pertama di China.

ZEEKR, Brand luxury dari Geely adalah perusahaan pertama yang memperkenalkan baterai Qilin dari CATL dan menjadikan 009 MPV pelopor yang menggunakan pertama kalinya.

Terdapat dua versi Zeekr 009 MPV yang ditawarkan dengan tipe WE dan ME. Keduanya hadir dengan sitem AWD bermotor ganda dengan tenaga puncak 536 HP (400 kW) dengan torsi 686Nm.

Mobil listrik MPV – Zeekr 009 MPV adalah MPV mewah yang beratnya mendekati 3 metrik ton. Mobil listrik seberati itu bisa menghasilkan waktu yang mengejutkan, yaitu 4,5 detik untuk melaju dari 0 hingga 100 km/jam.

Pengujian CLTC sangat optimis dan dalam kehidupan nyata angka-angka ini tidak akan pernah tercapai tetapi tetap saja, kisaran yang diharapkan akan signifikan – terutama jika kita memperhitungkan ukuran kendaraan ini.

Jarak tempuh 702 Km sangat penting bagi perusahaan, CEO menggunakan hasil ini untuk menyoroti bahwa Zeekr 009 MPV memiliki jangkauan lebih dari 99% kendaraan bertenaga gas dengan 700km menjadi hasil teratas yang harus dikalahkan. Ini sedikit berlebihan di pihaknya, tetapi jangan mengabaikan fakta bahwa kisaran kedua model akan mengesankan.

Baterai Qilin dari CATL akan pakai juga di model Zeekr 001 yang juga diharapkan dapat memberikan jangkauan lebih dari 1.000 km. Jika itu akan terjadi pada kuartal kedua tahun depan, 001 secara resmi akan menjadi EV dengan driving range terpanjang di dunia.

Mobil listrik China Zeekr 009 MPV menggunakan sistem ADAS yang sama dari Mobileye yang digunakan 001. Teknologi tersebut terdiri dari tujuh kamera HD 8MP, empat kamera surround-view 2MP, satu radar mmWave jarak jauh, dan 12 radar ultrasonik. Sistem ini dioperasikan oleh prosesor Mobileye EyeQ5H berbasis teknologi 7nm.

Interior mobil listrik ini menawarkan kemewahan untuk 6 penumpang dengan masing-masing mendapatkan kursi individu. Kursi baris depan dan tengah sepenuhnya dapat direbahkan. Ada meja lipat untuk baris tengah, ada layar 15,6 inci yang digantung di langit-langit untuk memberikan hiburan saat bepergian. Layar depan berukuran sama dan pengemudi memiliki kluster instrumen digital khusus.

Galeri Mobil Listrik China – Zeekr 009 MPV

Semua komponen seperti pintu geser, kursi kapten dan atap kaca menggunakan sistem elektrik, termasuk mobilnya yang seluruhnya listrik. Kemewahannya tidak perlu dipertanyakan lagi dengan jok kulit, sound system high fidelity, AC individual dan banyak fitur kenyamanan lainnya.

Namun yang menjadikan saya banyak pertanyaan adalah gril chrome raksasa itu, yang menurut saya terlalu berlebihan, namun tidak dapat dipungkiri,  ternyata beberapa orang memang menyukainya.

Harga Mobil Listrik China – Zeekr 009 MPV

Mobil listrik Zeekr 009 MPV ini mempunyai 2 varian, yaitu WE dan ME dimana masing-masing dibanderol dengan harga :

  1. Harga Zeekr 009 WE mulai RMB 499,000 atau sekitar Rp 1 Milyaran
  2. Harga Zeekr 009 ME mulai RMB 588,000 atau sekitar Rp 1,2 Milyaran

Pengiriman unit Zeekr 009 akan dimulai pada Januari 2023 dan pesanan sudah masuk.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *