Motor  

Line Up Motor Listrik Honda Seri Bisnis Terbaru

Line Up Motor Listrik Bisnis Honda

Dalam upaya pengembangan motor elektrik untuk mencakup pelanggan yang lebih luas, terutama untuk kalangan bisnis, Honda saat ini sedang mengembangkan 3 unit motor listrik “2021 Bussiness EV Series” di Jepang.

2021 Bussiness EV Series tersebut yaitu Benly e:, Gyro e:, dan Gyro Canopy e:. Kita akan ulas sedikit tentang motor-motor listrik tersebut.

Honda Benly e:

Sebuah motor listrik roda dua dari Honda yang kompak dengan kapasitas beban tinggi, memungkinkan motor ini melakukan berbagai tugas pengambilan atau pengiriman barang.

Motor ini dikenalkan pada tahun 2020 sebagai pengembangan dari Honda e: TECHNOLOGY. Model ini dikembangkan berdasarkan konsep bisnis e:scooter yang tepat untuk pengiriman harian.

Menggunakan sistem EV kompak ke dalam ukuran bodi yang mudah bermanuver yang telah diterima dengan baik dalam model mesin seri BENLY.

Bagian terkait EV telah dirancang dan diatur untuk mempertahankan ukuran dan dimensi bodi BENLY dengan mempertimbangkan kegunaan bisnis.

Posisi berkendara yang tegak, sama seperti BENLY, telah diwariskan untuk menciptakan kendaraan yang tepat untuk berbagai tugas penjemputan dan pengantaran.

Honda Gyro e:

Ini adalah motor listrik Roda tiga, dengan bak kargo besar (tidak berayun) yang posisinya lebih rendah dari jok motornya. Motor listrik ini cocok banget untuk mengirimkan kargo besar dan berat. Bak kargo tidak berayun, karena bak kargo terpasang di atas sumbu roda, sehingga suspensi tidak akan mengayunkan bak tersebut.

Honda Gyro Canopy e:

Sedangkan untuk Gyro versi Canopy e:, merupakan sepeda motor listrik roda tiga dengan atap penutup serta bak kargo besar (berayun) yang cocok untuk pemuatan ringan dan pengiriman makanan. Bak kargo berayun, dikarenakan dikaitkan dengan bodi motor itu sendiri.

Jika dibandingkan dengan penggunaan pribadi, di mana tujuannya tidak ditentukan, dalam penggunaan motor listrik seri bisnis ini, Honda Mobile Power Pack dapat beroperasi pada rute dan jarak yang teratur, dan kembali ke Workshop untuk pengisian dan penggantian baterai, sehingga memaksimalkan efektivitas Honda Mobile Power Pack , yang dapat menggantikan sumber listrik.

Fitur Motor Listrik Bisnis Honda Gyro

Motor listrik roda tiga GYRO e: ditenagai oleh Honda Mobile Power Pack. Untuk memperluas jangkauan sepeda listrik bisnis, motor ini dikembangkan sebagai skuter listrik roda tiga bisnis mengikuti BENLY e:, mewarisi tipe GYRO UP dengan tempat tidur kargo lantai rendah yang besar.

Sesuai dengan konsepnya “membuat pengiriman harian lebih nyaman dan aman dengan Business e: Three-wheeler”, Gyro Up telah dialiri listrik untuk mendukung berbagai bisnis, memanfaatkan fitur-fitur unik dari Three-wheeler.

Lantai bak kargo rendah yang besar telah diadopsi, dan struktur kendaraan cocok untuk memuat kargo berat. Menggunakan sistem ayun yang unik untuk menjaga muatan agar tetap aman, karena ketika berbelok, bak kargo tidak akan terangkat, tentu tidak seperti motor listrik roda tiga yang ada di pasaran Indonesia saat ini. Berikut tabelnya.

Mekanisme Swing Arm Resilience

BENLY e: dan GYRO e: memiliki paket daya seluler yang diposisikan di sisi kiri dan kanan, dan mekanisme pemasangan dan pelepasannya terhubung untuk memudahkan pemasangan dan pelepasan dua paket daya seluler dengan operasi pegangan tunggal.

Mesin Motor Listrik Bisnis Honda Benly & Gyro e:

Baik BENLY e: dan GYRO e: menggunakan sistem mesin Elektrik yang sama. Menggunakan Sistem EV kompak yang telah dipasang di PCX-ELECTRIC dengan sedikit memodifikasinya pada bagian yang diperlukan saja.

Power pack bergerak berada dalam susunan dua bagian berdampingan secara vertikal ke kendaraan, mewarisi fitur model mesin, BENLY dan GYRO, termasuk ukuran bodi.

Honda EV System Operation Overview
Honda EV System Operation Overview

Sistem EV ini beroperasi dengan daya 96V menggunakan baterai 48V yang dihubungkan secara seri per satu. Power control unit (PCU) memakai sensor untuk mendeteksi pembukaan akselerator dan kondisi mengemudi, dan menggerakkan motor dengan mengubahnya menjadi AC tiga fase yang optimal untuk situasi tersebut.

Kontrol vektor digunakan untuk mengontrol AC tiga fase ini, dan dengan menerapkan kontrol torsi yang disetel dengan baik, dimungkinkan untuk memperpanjang jarak mengemudi per pengisian daya.

Motor BENLY e: dirancang agar mudah dirawat untuk penggunaan jangka panjang sebagai model untuk penggunaan bisnis. Casing motor aluminium dan penutup motor baru dipasang untuk menyatukan motor. Motor dapat dipasang dan dilepas dari kendaraan hanya dengan mengganti unit motor, yang meningkatkan pemeliharaan penanganan rotor.

Bantuan Mundur

Untuk memudahkan pengemudi motor listrik Honda versi bisnis ini, diimplementasikan juga bantuan berjalan mundur yang bisa diaktifkan dengan menekan saklar mundur dan sakelar starter pada setang.

Menekan salah satu dari dua sakelar akan membuat kendaraan dalam keadaan siap “R”, dan menekan kedua sakelar secara bersamaan akan memulai bantuan perjalanan mundur.

Bantuan perjalanan mundur ini memungkinkan pengendara kecil sekalipun untuk bermanuver dengan mudah.

Penutup

model EV di area FUN HONDA
model EV di area FUN HONDA

Untuk memperluas line up motor listrik, Honda menuju realisasi netralitas karbon dengan merencanakan model EV di area FUN yang memberikan kesenangan pengoperasian, selain model EV yang setara dengan sepeda bermotor tipe 1 untuk penggunaan pribadi.

Selain itu, di bidang ICE yang ada, Honda akan melanjutkan penelitian dan pengembangan untuk meningkatkan efisiensi bahan bakar dan kendaraan bahan bakar bebas karbon pada tahun 2024.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *