Konsep Mobil Listrik BMW Neue Klasse Akan Debut di CES 2023

Sebelum memproduksi masal, tentunya perusahaan mobil listrik harus membuat platform terlebih dahulu. Platform atau rangka harus dibuat dengan detail sesuai dengan tujuan utama dari mobil listrik tersebut yang tentunya membutuhkan waktu yang lama dan sulit untuk pengerjaannya.

Oleh karena itu, banyak perusahaan yang menggunakan platform dari mobil bensin yang sudah diproduksi sebelumnya, ada juga yang menggunakan platform dari perusahaan lain untuk tujuan efisiensi waktu.

Kabar terbaru dari BMW nih gan, mereka sedang menggarap platform Electric Vehicle generasi berikutnya yang diberi kode nama “Neue Klasse“. Itu adalah kode nama dengan bahasa Jerman yang artinya “Kelas Baru”. Konsep platform tersebut akan dipamerkan pertama kalinya pada acara CES 2023 di Las Vegas, Januari mendatang.

Di acara pameran CES 2023 mendatang, kabarnya tidak menjamin konsep kendaraan visi akan ditampilkan secara utuh, bisa saja hanya konsep interior kendaraan.

Desain Konsep Mobil Listrik BMW i-2
Desain Konsep Mobil Listrik BMW i-2

Konsep Platform mobil listrik Neue Klasse BMW itu dikembangkan sejak awal untuk power train listrik. Pada awalnya, BMW berencana untuk mengganti platform UKL dan CLAR yang ada saat ini dengan juga mendukung mesin pembakaran internal dalam berbagai konfigurasi hibrida, namun rencana tersebut tidak direalisasikan.

Pada konsep platform ini para Insinyur bisa membuat variasi panjang wheelbase supaya sesuai dengan berbagai desain bodi, serta desain mobil yang aerodinamis untuk membantu memaksimalkan jarak tempuh kendaraan listriknya.

Alhasil, proporsinya akan berbeda dari sebelumnya, tidak hanya untuk aerodinamis tetapi juga untuk menambah ruang interior. Platform ini juga akan menggunakan teknologi motor listrik dan baterai generasi keenam BMW, yang menjanjikan peningkatan daya dan efisiensi.

Desain Konsep Mobil Listrik BMW i
Desain Konsep Mobil Listrik BMW i

Baterai akan menampilkan desain sel silinder baru (bukan desain sel prismatik saat ini), dan bersama-sama dengan perbaikan lainnya akan menghasilkan peningkatan jangkauan 30% dibandingkan baterai BMW saat ini.

Konsep mobil listrik berbasis Neue Klasse pertama akan dibangun di pabrik yang saat ini masih dalam proses pembangunan di Debrecen, Hongaria, mulai tahun 2025. Selain itu juga akan dibangun melalui pabrik BMW yang ada di Munich, Jerman, mulai tahun 2026.

Platform BMW Neue Klasse ini akan dibangun pertama kali menjadi model sedan di segmen 3-Series, dan akan diikuti oleh SUV sporty, menurut yang dikatakan oleh CEO BMW Oliver Zipse pada bulan Agustus ketika mengumumkan hasil keuangan semester pertama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *