oleh

Komponen Mobil Listrik dan Prinsip Kerjanya

-Mobil-84 views

Masa depan nanti teknologi kendaraan akan semakin berkembang dengan tenaga listrik. Listrik adalah sumber energi yang saat ini sangat dibutuhkan untuk kehidupan sehari-hari.

Kenapa harus listrik? Karena energi tersebut bisa didapatkan dari berbagai proses yang nantinya bisa disimpan dalam cell baterai, misalnya dengan panel surya, motor generator, dan dari generator tersebut bisa diaplikasikan ke dalam sumber energi lain, seperti tenaga air, tenaga angin dan lainnya.

Tidak ketinggalan, kendaraan bertenaga listrik pun sekarang sudah mulai melakukan produksi besar-besaran oleh berbagai perusahaan ternama di dunia, tidak hanya mobil, truk, bus bahkan alat berat pun bertenaga listrik dan sekarang mulai bermunculan.

Kendaraan listrik penuh bisa disebut juga sebagai kendaraan listrik baterai, mempunyai motor listrik, bukan mesin pembakaran internal. Kendaraan listrik ini menggunakan paket baterai dengan traksi yang besar untuk menggerakkan motor listrik. Untuk mengisi daya, harus dicolokkan ke stopkontak atau peralatan pengisi daya, yang juga disebut Electric vehicle supply equipment (EVSE).

Komponen Mobil Listrik dan Prinsip Kerjanya
source : efdc.energy.gov

Dikarenakan menggunakan tenaga listrik, kendaraan tidak mengeluarkan gas buang dari knalpot dan tidak mengandung komponen bahan bakar cair yang dominan saat ini, seperti pompa bahan bakar, saluran bahan bakar, dan tangki penampung.

Namun apakah anda sudah tau, komponen apa saja sih yang terdapat pada kendaraan listrik? Nah, pada kesempatan ini kami akan membagikan informasi tentang komponen kunci dalam kendaraan listrik murni (All-Electric Vehicle).

Berikut ini adalah komponen mobil listrik : 

1. BATERAI (Semua alat bantu listrik)

Dalam kendaraan berpenggerak listrik, baterai tambahan akan menyediakan listrik untuk menghidupkan aksesoris kendaraan, seperti lampu, audio multiplayer, speedometer, layar sentuh dan lainnya.

2. PORT CHARGER (Port Pengisian Daya)

Port untuk pengisian daya yang memungkinkan kendaran terhubung ke catu daya eksternal baik itu dari listrik rumah atau alat pengisi daya khusus, untuk mengisi tenaga listrik ke paket baterai traksi.

3.  KONVERTER DC / DC

Perangkat elektronik ini bertujuan untuk mengubah daya dari DC  (Direct Current) ke tegangan yang lebih tinggi dari paket baterai traksi menjadi daya DC bertegangan lebih rendah yang diperlukan untuk menjalankan aksesoris kendaraan dan mengisi ulang baterai tambahan.

4. MOTOR TRAKSI

Menggunakan daya dari paket baterai traksi, motor / dinamo ini akan bekerja menggerakkan roda kendaraan. Beberapa kendaraan ada yang menggunakan generator motor yang menjalankan fungsi penggerak dan regenerasi.

5. ONBOARD CHARGER

Alat ini berfungsi mengambil listrik AC (Alternating current) masuk yang disuplai melalui port pengisian daya dan mengubahnya menjadi daya DC untuk mengisi daya baterai traksi. Ini juga berkomunikasi dengan peralatan pengisian daya dan memantau karakteristik baterai seperti arus, tengangan, suhu dan status pengisian daya ketika mengisi tenaga paket.

6. POWER ELECTRONIC CONTROLLER

Pengontrol elektronik ini berfungsi untuk mengelola aliran energi listrik yang dikirimkan oleh baterai traksi, mengontrol kecepatan motor traksi listrik dan torsi yang dihasilkannya.

7. THERMAL SYSTEM (Pendingin)

Sistem ini akan mempertahankan kisaran suhu pengoperasian yang tepat dari mesin, motor listrik, daya elektrik dan komponen lainnya.

8. PAKET BATERAI TRAKSI 

Sedikit berbeda rai baterai pada point satu diatas, Paket baterai traksi ini khusus untuk menyimpan listrik yang nantinya digunakan oleh motor traksi listrik.

9. TRANSMISI LISTRIK

Karena menggunakan mesin motor listrik, maka transmisinya juga dioperasikan secara elektronis, transmisi ini akan mentransfer tenaga mekanis dari motor traksi untuk menggerakkan rodanya.

Itulah beberapa poin penjelasan seputar Komponen Mobil Listrik yang tentunya harus anda ketahui, namun teknologi tersebut diatas merupakan komponen dasar / inti dari sebuah kendaran listrik, sehingga dalam pengaplikasiannya tentu berbeda dan lebih banyak komponen pendukung lagi, sesuai dengan inovasi terbaru yang dilakukan oleh pabrikan mobil listrik.

Semoga  menambah wawasan anda seputar kendaraan listrik dimasa depan, sehingga anda bisa memiliki bahan untuk diperbincangkan dengan teman-teman disekitar anda.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed