Produsen Mobil Listrik Baru China, Rilis Jidu Robo 1 Lunar Edition

Jidu Robo 1 Lunar Edition
Jidu Robo 1 Lunar Edition

Ada lagi nih gan, mobil listrik terbaru dari China yaitu Jidu Robo 1 Lunar Edition. Mobil listrik tersebut dijual secara terbatas yaitu hanya 1000 unit saja. Ini merupakan mobil listrik baru dari merek yang baru juga.

Kenapa edisinya terbatas? 

Ini merupakan tren baru di pasar mobil China, dengan melakukan peluncuran mobil baru edisi khusus terlebih dahulu dan diikuti dengan edisi standar. Avatar juta melakukan konsep yang sama: pertamanya mobil edisi khusus, dan dilanjutkan mobil standar.

Baca juga : Mobil Listrik SUV AVATR 11 Akan Dikirim Mulai Desember 2022

Jidu sendiri merupakan merek otomotif baru dari China. Perusahaan patungan antara perusahaan teknologi Raksasa “Baidu” dengan produsen mobil Geely Holding Group. Mobil listrik itu diproduksi di Ningbo, provinsi Zhejiang, di mana Geely memiliki beberapa pabrik disana.

Robo 1 adalah mobil pertama Jidu, dengan mesin yang tampak hebat, sudut dengan garis-garis tajam dan sporty dengan roda hitam besar. Atap dan pilarnya juga berwarna hitam.

Gallery Jidu Robo 1 Lunar Edition

Spesifikasi

Dimensi mobil listrik Jidu Robo 1 Lunar Edition ini berukuran 4853/1990/1611, dan jarak sumbu roda 3000mm. Ini tampak menarik, karena Jidu menyampaikan bahwa ada ruang bagasi, yang biasanya bukan hal yang terlalu dipedulikan oleh pembuat mobil China. Tersedia bagasi berkapasitas 555 liter, yang cukup bagus, dan 1528 liter dengan bangku di bawah.

Lalu soal Lunar Edition, adalah proyek co-branding dengan Chinese Lunar Exploration Program (CLEP). Program tersebut mencakup semua misi tanpa awak dan misi berawak yang akan datang ke bulan. Program ini resmi diawasi oleh China National Space Administration (CNSA).

Jidu Robo 1 menggunakan baterai CATL 100kWh yang bisa mendapatkan jangkauan hingga 600 kilometer, dengan dukungan power train motor ganda output 544 hp (400 kW). Waktu akselerasi 0-100km/jam adalah 3,9 detik cepat.

Sebagai otak komputasinya, mobil listrik Robo 1 ini dilengkapi dengan chip kabin cerdas Qualcomm 8295 dan chip penggerak cerdas NVIDIA Orin X. Kekuatan komputasi AI seluruh kendaraan akan mencapai 538 TOPS. Untuk mengemudi secara otonom, mobil akan dilengkapi dengan 31 sensor eksternal dan dua sistem Lidar.

Interior

Jidu Robo 1 Lunar Edition Interior
Jidu Robo 1 Lunar Edition Interior

Yang menarik disini adalah interiornya spektakuler dengan roda kemudi seperti kuk dan layar infotainmen 3D single-piece 35,6 inci. Namun ada keanehan, layarnya tidak melebar ke sisi kiri kabin. Itu hanya meluas ke kiri-tengah kuk. Jadi pengemudi melihat lurus ke tepi layar.

Robo-01 Lunar Edition hadir dengan kursi putih yang nyaman dan sabuk pengaman kuning dengan pintunya tanpa bingkai. Banyak ruang di belakang, lantai datar, dan atap panorama yang besar.

Untuk penumpang, telah disediakan sistem infotainmen mini sendiri.

Harga

Soal harga mobil listrik Jidu Robo 1 Lunar Edition ini dibanderol seharga 399.800 yuan atau sekitar Rp 857 Jutaan. Harga yang menurut saya terjangkau, karena mobilnya limited edition yang akan ada 1000 unit saja.

Untuk Jidu Robo 1 versi Standar akan diluncurkan pada akhir kuartal 4 dan dihargai sedikit lebih rendah. Pada event Guangzhou Auto Show bulan depan Jidu akan mengungkap mobil semi-konsep preview mobil kedua mereka.

Pusat pengalaman merek pertama Jidu akan dibuka di Shanghai tahun ini. Pada 2023, rencananya akan memasuki 46 kota di China, dan membuka 100 toko.

Source : imagenews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *