oleh

Inovasi Mobil Balap Listrik Lotus E-R9 Generasi Terbaru

-Mobil-58 views

Hethel, Inggris – 16 Februari 2021 – Lotus Cars sebagai pembuat mobil sport performa tinggi kelas dunia telah meluncurkan studi desain baru yang daramatis E-R9 untuk generasi terbaru mobil balap listrik murni yang dapat berada di urutan awal sirkuit di seluruh dunia untuk musim 2030.

Desainnya berwarna hitam dan emas yang mencolok sebagai tanda yang jelas dari warisan motorsport perintis Lotus yang sudah menghasilkan 13 gelar kejuaraan Formula 1. Kendaraan listrik ini dilengkapi dengan kanopi ramping bergaya jet tempur yang dipasang dibagian tengah pada bodi bagian atas sayap delta. Inovasinya adalah mencakup seputar aerodinamika aktif yang canggih dengan panel bodi ‘morphing‘ serta panel kontrol yang dipasang secara vertikal untuk membantu menikung dalam kecepatan tinggi.

Lotus E-R9 ini dikembangkan oleh Lotus Engineering, sebuah divisi konsultan bisnis yang terkenal secara global yang memberi proyek untuk klien eksternal. Mobil listrik tersebut diciptakan sebagai karya teknologi dari filosofi, kemampuan dan semangat inovasi dalam bidang powertrain elektrik dan aerodinamika canggih.

E-R adalah singkatan dari Endurance Racer, sedangkan 9 merupakan nomor kompetisi mobil yang dipilih dengan cermat untuk memberikan penghormatan Lotus Racing masa lalu. Di Lotus Mark IX itulah tim balap membuat penampilan debutnya di Le Mans 24 Hours, dengan pendiri perusahaan Colin Chapman di antara para pembalap yang bersaing. Ketika itu tahun 1955, yang berarti konsep mobil balap E-R9 ini jika dilombakan di tahun 2030 akan merayakan ulang tahun Mark IX yang ke-75.

E-R9 ini dikembangkan oleh tim teknis Richard Hill, kepala aerodinamika di Lotus dan direktur teknis, GT, Geely Group Motorsports International serta Louis Kerr, insinyur platform utama pada hypercar listrik murni Lotus Evija. Secara tampilan, gambar ini dihidupkan oleh tim Lotus Design yang dipimpin oleh Russell Carr, Direktur Desain Lotus.

Richard Hill mengomentari hal ini :

“Apa yang kami coba lakukan ini adalah mendorong batas-batas di mana secara teknis kami saat ini dan melakukan ekstrapolasi ke masa depan. Lotus E-R9 menggabungkan teknologi yang sepenuhnya kami harapkan untuk dikembangkan dan dengan praktis. Lotus mempunyai sejarah yang luar biasa dalam mengembangkan solusi unik, dan kami telah melakukannya berkali-kali dalam motorsport dan mobil jalan raya.”

Inti diantara inovasi aero mobil adalah panel bodi “Morphing”. Terletak di seberang profil sayap-delta, ini merupakan kemampuan beradaptasi, dimana permukaan aktif bisa mengubah bentuk dan sikapnya terhadap aliran udara baik dengan menekan tombol atau secara otomatis menyesuaikan dengan kinerja sensor input – ini akan menghasilkan hambatan yang minimal pada jalan lurus dan sudut downforce maksimum.

Kontrol panel vertikal di bagian belakang akan menghasilkan gaya aerodinamis untuk membantu mobil mengubah arah, tanpa batas cengkeraman pada tambalan di kontak ban. Sehingga seorang pembalap yang sebagian digerakkan seperti mobil dan sebagian lagi diterbangkan seperti jet tempur.

Lotus E-R9 dilengkapi dengan penggerak elektrik canggih yang menggerakkan setiap roda secara indipenden (All-wheel drive), sistem tersebut ditingkatkan dengan vektor torsi. Mobil balap listrik ini dibangun di atas teknologi yang sudah terintegrasi pada hypercar full listrik Lotus Elvija, meskipun untuk E-R9 akan sepenuhnya dapat disesuaikan oleh pengemudi saat bepergian.

Kepadatan energi baterai dan kepadatan daya berkembang secara signifikan dari tahun ke tahun. Sebelum tahun 2030 nanti, pihak Lotus akan mempunyai baterai sel kimia campuran yang terbaik dari dunia kedua, serta kemampuan untuk mengganti baterai selama pitstop.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed