Geely Pasok Platform SEA ke Pabrik Mobil Listrik Nasional Polandia

Mobil Listrik Z100

Perusahaan otomotif IZERA saat ini didukung secara penuh oleh pemerintah Polandia lewat pogram “Electro Mobility Poland” sebagai mobil listrik nasonal.

Izera sendiri didirikan pada tahun 2020 yang lalu dan sekarang perusahaan tersebut telah meluncurkan dua jenis kendaraan yaitu Z100 SUV dan T100 hatchback. Nama T100 dipinjam dari drone militer T-100 yang ada di film Terminator, versi Polandia terlihat jauh lebih baik dan tidak akan melukai lalat.

Izera sepakat melakukan kerjasama untuk menggunakan platform SEA yang dipasok oleh Geely. Produksi mobil listrik polandia yang menggunakan platform tersebut akan dimulai akhir tahun depan yang kemungkinan besar akan terjadi penundaan akibat desain ulang kendaraan.

Platform SEA Geely terkenal dengan fleksibilitasnya, dapat mendukung mobil listrik dengan jarak sumbu roda antara 1,8 meter hingga 3,3 meter. Yang berarti akan diwujudkan dalam bentuk mobil kecil 2 tempat duduk dan SUV ukuran penuh yang bisa dibangun dari platform tersebut.

Izera T100
Izera T100

Sementara itu, untuk komponen utama seperti powertrain, elektronik, dan baterai akan dipasaok secara lokal. EMP sedang membangun pabrik baru yang berlokasi di Jaworzno yang akan digunakan untuk produksi mobil listrik Izera baru dengan platform SEA. Pabrik tersebut akan beroperasi tahun 2024.

Langkah cerdas yang dilakukan oleh Izera ini akan menghasilkan produk akhir yang jauh lebih baik. Izera tidak sedang berjuang dengan pengembangan platform sendiri, namun hanya menggunakan komponen yang sama dengan yang sudah dibangun  oleh mobil listrik Polestar dan Volvo di masa depan untuk mengakses jaringan layanan Eropa.

Ini akan mempermudah peluncuran yang lebih mudah untuk pasar Eropa laionnya. Dengan menggunakan dua model mobil listrik seperti ini, Skoda dan VW harus mulai melihat ke belakang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *