Dukung Energi Terbarukan, AHM Pasang Panel Surya 8.760 kWp

Dukung Energi Terbarukan, AHM Pasang Panel Surya 8.760 kWp

Dalam rangka upaya mendukung pengurangan pemanasan Global, pada hari Rabu 26 Oktober 2022 kemarin, PT Astra Honda Motor (AHM) meresmikan penggunaan solar panel untuk salah satu sumber Energi Baru Terbarukan (EBT).

Hal tersebut dilakukan untuk mendukung kegiatan operasional pabrik Honda yang ada di Karawang. Saat ini sudah terpasang total mencapai 8.760 kWp di beberapa fasilitas pabrik AHM.

Pemasangan solar panel merupakan sebagian dari upaya perusahaan dalam implementasi prinsip Environment, Social and Governance (ESG) pada berbagai aktivitas perusahaan.

Program tersebut sudah dimulai sejak tahun 2014, hingga saat ini ada 18.270 modul panel surya telah terpasang di atap gedung pabrik AHM Karawang, Cikarang dan AHM Safety Riding & Training Center Deltamas, Jawa Barat.

Dari total kapasitas 8.760 kWp tersebut, Astra Honda Motor mampu menghasilkan listrik sebesar 9.477.077 kWh per tahunnya yang setara dengan pengurangan 8.246ton emisi CO2 per tahun menuju pemanfaatan energi yang lebih bersih dan berkelanjutan.

Jenis sistem panel surya yang digunakan oleh AHM adalah berjenis On Grid dengan sistem “photovoltaic” yang bisa mentransformasi sinar matahari menjadi energi listrik. Kemudian listrik tersebut didistribusikan secara paralel dan disinkronisasi ke berbagai aktivitas pabrik yang membutuhkan energi listrik.

Dari pemasangan tersebut, AHM turut berkontribusi dalam mengurangi emisi Gas Rumah Kaca (GRK) dan ancaman perubahan iklim yang selaras dengan implementasi budaya Green Energyyang diterapkan perusahaan.

Tidak hanya itu saja, untuk mendukung pelestarian lingkungan, AHM juga melakukan water recycleprogram, penanaman pohon, serta pemanfaatan dan pengolahan sampah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *